Digital clock

Entri Populer

Link Rekan UPTD

SP3 Kab. Bekasi

Diberdayakan oleh Blogger.

Pelatihan dan penyuluhan bidang kesehatan merupakan salah satu program kerja dari Puskesmas. Yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam bidang kesehatan. Pengetahuan tentang kesehatan sangat bagus bila ditanamkan sejak dini, sehingga bisa membentuk sikap kepedulian terhadap diri sendiri, orang lain dan lingkungan sekitarnya. Salah satu kegiatan pelatihan kesehatan untuk anak – anak usia Sekolah Dasar (SD) yaitu Pelatihan Dokter Kecil.
Sebagai bagian dari kegiatan program promosi kesehatan, khususnya Upaya Kesehatan Sekolah (UKS), Pada tanggal 6-7 Juni 2011 Puskesmas Mekarmukti bekerja sama dengan salah satu Sekolah Dasar (SD) di wilayah kerja Puskesmas Mekarmukti mengadakan pelatihan Dokter Kecil untuk para siswanya. Siswa yang mengikuti pelatihan sebanyak 33 siswa dari kelas 3, 4, dan 5. Dengan kualifikasi siswa mendapat peringkat 1 sampai 10 di kelas masing – masing.
Selama dua hari tersebut, siswa-siswi diberikan materi-materi yang berhubungan dengan kesehatan di sekolah. Materi–materi yang diajarkan meliputi : Usaha Kesehatan Sekolah Dokter Kecil (UKS), Promosi Kesehatan ( Promkes ), Pemberantasan Penyakit Menular ( P2M ), Imunisasi, Gizi, Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Gigi dan Mulut, Praktek Kesehatan Gigi, Kegawatdaruratan, Pengukuran Tinggi badan ( TB ), Berat Badan (BB), Suhu, Nadi, dan Pengenalan Tanaman Obat Keluarga ( TOGA ).
Pelatihan dokter kecil baik sekali untuk anak-anak, karena mempraktikkan perilaku hidup bersih dan sehat sejak usia dini. Pembangunan kesehatan kini dan ke depan diarahkan pada peningkatan upaya promotif dan preventif dengan tidak mengesampingkan kuratif dan rehabilitatif
 Salah satu upaya yang dilakukan adalah memberikan edukasi tentang bagaimana cara mempraktikkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) kepada generasi muda. Kegiatannya seperti cuci tangan pakai sabun, menjaga kebersihan lingkungan serta menjaga kesehatan gigi. Secara medis, cuci tangan dengan sabun terbukti efektif mengurangi dan membentengi tubuh dari berbagai penyakit.
Dokter kecil diharapkan menjadi agen perubahan. Oleh karena itu, perekrutan dokter kecil dilakukan pada siswa kelas 3, 4, 5 dengan ketentuan murid yang terlatih memelihara dan meningkatkan kesehatan diri sendiri. Selain itu memiliki jiwa pemimpin dan bertanggung jawab, serta memiliki budi pekerti baik dan suka menolong. Diharapkan, kebiasaan perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah ditularkan kepada teman, keluarga dan lingkungan sekolah.
Petugas-petugas atau tim yang memberikan pelatihan dokter kecil terdiri dari pemegang program surveillance, petugas promkes, pemegang program UKS, dokter Puskesmas, dan Pembina UKS di sekolah. Sedangkan Metode pemberian materi pelatihan, melalui ceramah, tanya jawab dan praktek langsung oleh para siswa. 
Dengan pelatihan ini diharapkan bisa meningkatkan pengetahuan dan wawasan siswa tentang kesehatan sejak dini dan membina para siswa Sekolah Dasar (SD) agar memiliki kemampuan dan kepedulian dalam mempromosikan pola hidup sehat di lingkungan sekolah. Sehingga pada akhirnya akan memunculkan kader – kader kesehatan yang berwawasan luas dan aktif di sekolah. Dan tidak menutup kemungkinan bisa menjadi kader kesehatan di masyarakat.

By : Wie ^_^  dari berbagai sumber

0 komentar

Posting Komentar

Welcome to Mekarmukti's Blog

Selamat Datang di Blog Puskesmas Mekarmukti Kec. Cikarang Utara Kab. Bekasi. Semoga artikel, isi, data, dan informasi yang dimuat dalam Blog ini bisa bermanfaat untuk Puskesmas Mekarmukti pada khususnya dan pengunjung Blog ini pada umumnya. Dan kami juga memohon maaf jika ada foto, artikel, atau apapun yang pemilik atau pengarangnya tidak berkenan untuk kami posting. Untuk itu, silahkan menghubungi kami dan kami akan menghapusnya. Terima Kasih... Enjoy this Blog...^-^

Print This Page

Pengunjung Blog

Tayangan Laman

Ada kesalahan di dalam gadget ini