Entri Populer

Link Rekan UPTD

SP3 Kab. Bekasi

Tips, Triks dan Tutorial
Diberdayakan oleh Blogger.

RAPAT EVALUASI INTERNAL ANTAR PROGRAM DI PUSKESMAS MEKARMUKTI

Diposting oleh Puskesmas Mekarmukti Jumat, 30 September 2011

Indikator keberhasilan pencapaian target sebuah program bisa dilihat dari output atau hasil cakupan target dalam rentang waktu tertentu.  Dalam melaksanakan sebuah program pasti ada hambatan atau halangan yang bisa mengganggu kinerja atau pencapaian target tersebut. Untuk itu perlu dicari solusi atau pemecahan masalah dalam pembahasan khusus yang disebut rapat evaluasi.  Di dalam rapat tersebut dicari  penyebab masalah atau ada tidaknya miss communication antar individu atau antar pihak yang terkait. Sehingga dapat diketahui penyebab yang pasti dan mencari solusi dari permasalahan tersebut. Di dalam rapat juga dibuka forum yang seluas – luasnya bagi anggota atau peserta rapat untuk menyampaikan usul, pendapat, masukan, opini ataupun sanggahan yang berdasar dengan kebenaran tetapi tidak boleh memaksakan suatu pendapat kepada orang lain. Dan pada akhirnya harus menerima keputusan yang berdasarkan musyawarah untuk mufakat. Rapat evaluasi bisa dilakukan secara berkala atau insidentil tergantung adanya masalah.

Demikian juga yang dilakukan di lingkungan Puskesmas Mekarmukti.  Sebagai suatu instansi kesehatan yang berperan dalam pelayanan kepada masyarakat, Puskesmas Mekarmukti juga mempunyai program – program kesehatan. Di antaranya program Keluarga Berencana (KB), Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), Kusta dan TB Paru, Promosi Kesehatan, Gizi Masyarakat, Surveilans, dll. Dalam pelaksanaan sebuah program pasti ada kaitannya dengan program yang lain. Sehingga tidak menutup kemungkinan terjadinya suatu perbedaan pandangan atau miss perception. Untuk menghindari efek atau akibat yang lebih jauh maka sangat perlu diadakan pertemuan yang disebut dengan rapat evaluasi. Sebagai aplikasi nyata untuk meningkatkan kinerja dan menyamakan persepsi antar individu maupun lintas program, pada hari Jumat, tgl 24 September 2011, program KIA mengadakan rapat evaluasi yang diikuti oleh Kepala Puskesmas, Bidan Koordinator, Pelaksana SP3, Koordinator Promkes, Jurim, dan para Pembina desa. Di dalam rapat tersebut dibahas mengenai masalah – masalah yang ada, pembahasan tentang definisi operasional pengisian laporan bulanan, diskusi tentang info – info terbaru dari program promosi kesehatan, dan pembahasan tentang rencana pencangangan program imunisasi campak.
Dari pelaksanaan rapat tersebut diharapkan bisa didapat kesepakatan atau kesepahaman tentang program yang sedang berjalan sehingga bisa mendapatkan cakupan akhir program yang sesuai dengan target yang ditetapkan. Selain itu juga bisa menambah wawasan tentang pengetahuan dari program yang lain. Serta memperkaya pengetahuan dan etika dalam rapat atau  berorganisasi. Dan pada akhirnya diharapakan bisa meningkatkan kinerja masing-masing individu dalam menjalankan fungsi sebagai bagian dari sebuah program yang bertujuan memberikan pelayanan kepada masyarakat.

By : Wie ^-^

0 komentar

Posting Komentar

Welcome to Mekarmukti's Blog

Selamat Datang di Blog Puskesmas Mekarmukti Kec. Cikarang Utara Kab. Bekasi. Semoga artikel, isi, data, dan informasi yang dimuat dalam Blog ini bisa bermanfaat untuk Puskesmas Mekarmukti pada khususnya dan pengunjung Blog ini pada umumnya. Dan kami juga memohon maaf jika ada foto, artikel, atau apapun yang pemilik atau pengarangnya tidak berkenan untuk kami posting. Untuk itu, silahkan menghubungi kami dan kami akan menghapusnya. Terima Kasih... Enjoy this Blog...^-^

Print This Page

Pengunjung Blog

Tayangan Laman